Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English Japanese

SATUAN PENGAWAS INTERN

Departemen : Internal Audit

Atasan Langsung : Direktur Utama

PT Panca Wira Usaha Jawa Timur memiliki Satuan Pegawas Intern (SPI) yang berfungsi membantu Direktur Utama dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang meliputi aktivitas pemeriksaan, penilaian, pengujian, evaluasi serta saran dan perbaikan secara independen terhadap pengelolaan perusahaan dan anak-anak perusahaan yang bertujuan membantu unit kerja beserta jajarannya untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara efektif dan efisien, sesuai kebijakan yang ditentukan oleh perusahaan dan RUPS.

Tugas pokok SPI antara lain :

  1. Secara umum bertanggungjawab atas pengendalian kinerja keuangan dan non keuangan serta melaksanakan pemeriksaan/ audit internal untuk laporan keuangan cabang/ anak perusahaan lainnya serta pemeriksaan terhadap sistem prosedur yang diterapkan secara berkesinambungan.
  2. Mengkoordinasikan aktifitas pemeriksaan terhadap jalannya sistem pengendalian intern perusahaan dengan tetap memperhatikan pada prinsip good corporate governance serta merumuskan program kerja internal audit.
  3. Melakukan analisis dan evaluasi terhadap hasil-hasil temuan serta menyampaikan saran-saran perbaikan terhadap penyelenggaraan kegiatan perusahaan dan sistem/kebijakan/peraturan yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan perusahaan dan lingkungan usaha.
  4. Melakukan pengkajian terhadap tingkat efisiensi dan efektifitas kegiatan perusahaan.
  5. Melakukan penilaian dan evaluasi untuk memastikan bahwa ketentuan perusahaan baik tertulis maupun tidak tertulis, prosedur yang berlaku dan kebijakan yang digariskan dapat dilaksanakan secara efektif oleh seluruh tingkat manajemen dan meminimalisir resiko perusahaan.
  6. Memberikan konsultasi terhadap masalah-masalah yang timbul/dihadapi oleh perusahaan agar dapat memberikan nilai tambah pada perusahaan dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

satuan-pengawas-intern-wirajatim.doc

 

Site Login